Diposting oleh On 01.55.00 with No comments

Rufus USB bootable


Rufus adalah salah satu software gratis (freeware) yang digunakan untuk membuat Bootable atau media installasi menggunakan USB/Flash disk. Software ini sangat bermanfaat bagi netbook / Laptop yang tidak memiliki CD/DVD drive. Ukuran filenya juga sangat kecil, tidak sampai 1 Mb dan sangat mudah digunakan.

Berdasarkan website resmi pengembang Rufus, Rufus mampu bekerja dua kali lebih cepat dibandingkan software bootable lain. Selain itu juga Rufus mendukung pembuatan bootable USB untuk banyak sistem operasi, antara lain Arch Linux, Archbang, BartPE/pebuilder, CentOS, Damn Small Linux, Fedora, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren's Boot CD, LiveXP, Knoppix, Kubuntu, Linux Mint, NT Password Registry Editor, OpenSUSE[/link], Parted Magic, Slackware, Tails, Trinity Rescue Kit, Ubuntu, Ultimate Boot CD, Windows XP (SP2 or later), Windows Server 2003 R2, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan yang lainnya.


Rufus USB Bootable

Cara Menggunakan Rufus :

  1. Jalankan Aplikasinya.
    Apabila flash disk sudah terhubung ke komputer, secara otomatis Rufus akan mendeteksi drive, sistem file, ukuran cluster dan volume label flash disk tersebut.Jika Rufus tidak mendeteksi USB yang dicolokan tersebut, tampilkan opsi tingkat lanjut dengan menekan icon disebelah teks Format Options. Kemudian, tandai opsi List fixed (non-flash) or unpartitioned USB disks.
  2. Untuk menjadikan flash disk sebagai bootable sistem operasi, pada bagian opsi Create a bootable disk using, gunakan pilihan ISO image. Setelah itu klik icon drive untuk memilih file ISO sistem operasi yang akan dimasukan ke dalam flash disk. Secara otomatis Rufus akan menggunakan data ISO tersebut untuk kebutuhan pembuatan USB bootable. Biarkan opsi Quick formaat tetap aktif, agar proses format partisi menjadi lebih cepat.
  3. Selanjutnya, klik tombol Start untuk memulai proses penulisan ke flash disk. Rufus akan menampilkan peringatan, bahwa seluruh data yang ada pada flash disk akan dihapus.
  4. Klik tombol OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB atau Cancel untuk membatalkan.
  5. Setelah itu, Rufus akan melakukan tugasnya memformat dan menyalin file ISO tadi pada USB. Setelah selesai, klik close.
  6. Done!! USB siap digunakan

↓↓Download Rufus Disini↓↓
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »